MITIGASI BENCANA VIRUS CORONA ATAU COVID-19

Mitigasi Bencana Virus Corona

Wabah Virus Corona atau Covid-19 yang menyebar begitu cepat dan sulit untuk dideteksi karena gejala yang terpapar tidak langsung terasa dan kelihatan, oleh karena itu perlu penangan serius agar wabah ini bisa diatasi dan penyebarannya bisa dihentikan.

Perlu kerjasama semua pihak untuk memutus rantai penyebaran virus Corona ini. kesadaran masyarakat akan bahaya virus ini harus dipahami dan diupayakan untuk berusaha mencegahnya agar tidak banyak korban yang terpapar.

Lihat juga: Mari Berkenalan dengan Virus

Masa inkubinasi virus Corona yaitu antara 2 -14 hari tergabtung media inkubinasinya, oleh karena itu secara serempak seluruh masyarakat seperti yang dilakukan di provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat terhitung mulai tanggal 15 Maret s.d. 29 Maret 2020 segala aktifitas yang melibatkan banyak orang dikurangi bahkan seandainya dirasa perlu harus dihentikan.

Cara ini juga dilakukan oleh negara lain dan katanya terbukti efektif untuk menahan laju perkembangan virus Corona. Oleh karena itu masyarakat diharapkan untuk melaksanakan anjuran pemerintah ini untuk menekan bertambahnya orang yang terpapar virus Corona.

Termasuk dunia pendidikan saat ini beberapa daerah yang menyatakan penyebaran virus Corona ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), menghentikan aktifitas belajar di sekolah dan menggantinya dengan pembelajaran dengan sistem daring dimana guru dan siswa melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) di rumah masing-masing.

Lihat juga: Mari Mengenal Virus Corona atau Covid-19

Sebagai umat beragama terutama umat Islam, kita juga dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan muhasabah diri. Segala kejadian ini tidak lepas dari kuasa Alloh swt, sehingga kita diwajibkan untuk berikhtiar maksimal dan selebihnya bertawakal dengan memperbanyak ibadah baik yang secara langsung kepada Alloh swt maupun yang melalui sesama manusia. 

Adapun target target yang ingin dicapai dari materi ini adalah:
  1.  Siswa mampu membuat media informasi sederhana   tentang menerapkan protokol penanganan virus corona
  2.  Siswa dapat menentukan sikap saat ada stigma di   masyarakat tentang virus Corona
  3.  Siswa mampu menentukan penanganan saat sakit
Materi yang di bahas adalah:

  1.    Pengenalan Protokol Penanganan Virus Corona
  2.    Menanggapi secara bijak saat ada stigma di masyarakat   tentang virus corona
  3.    Cara Penanganan saat sakit


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "MITIGASI BENCANA VIRUS CORONA ATAU COVID-19"

Senja hari

Hdjshdhdhrjdhbbdd

Pendidikan Karakter

Recent Posts