BERSOSIALISASI DI MASYARAKAT (SOCIAL DISTANCING)



Social Distancing

Menyebarnya virus Corona atau Covid-19 dengan cepat membuat panik manusia di seluruh dunia, tidak hanya di negara Tiongkok tepatnya di kota Wuhan Propinsi Hubei awal mula ditemukan wabah tersebut, tapi sudah menyebar bahkan mewabah lebih parah.

Virus Corona menyebar dengan cepat melalui kontak antar manusia. Dalam beraktifitas manusia tidak lepas dari hubungan sosial, setiap hari dalam melakukan kegiatannya mesti berhubungan dengan orang lain dan melakukan kontak langsung dengan mereka, oleh karena itu virus Corona akan mudah menular dai orang yang terinfeksi kepada yang lain.

Lihat juga: Pola Hidup Sehat

Masa inkubinasi virus Corona terjadi antara 2 - 14 hari, sehingga ketika seseorang tertular, maka orang tersebut tidak akan langsung merasakan gejala seperti orang yang sudah terpapar, namun dia bisa menyebarkan juga pada orang lain.

Salah satu upaya mengehentikan penyebaran virus Corona ini adalah dengan social distancing, yaitu salah satu upaya untuk mengendalikan penyebaran virus Corona dengan tujuan mengurangi kontak antara orang yang sudah terinfeksi dengan orang yang belum terinfeksi.

Lihat juga: Mitigasi Bencara Virus Corona atau Covid-19

Berdasarkan pengalaman negara yang melakukan social distancing, efektifitasnya dalam mencegah penyebaran virus Corona sangat tinggi, sehingga di beberapa negara cara seperti ini juga dilakukan termasuk di negara Indonesia, walaupun kegiatan ini banyak sekali kelemahan atau mudaratnya karena aktifitas sosial masyarakat menjadi sangat terbatas yang mengakibatkan terjadinya berbagai masalah sosial.

Maraknya pemberitaan terkait virus Corona entah itu benar atau tidak yang berseliweran tanpa saringan membuat masyarakat menjadi panik dan serba ketakutan. Oleh karena itu kita juga diharapkan agar bisa mencari informasi yang benar sebelum menyebarluaskannya secara masif di media sosial. 

Lihat juga: Mari Mengenal Virus Corona atau Covid-19

Saat ini pemerintah menyediakan corong informasi yang resmi terkait wabah virus Corona ini, sehingga kita diharapkan tidak menyebarkan berita-berita yang belum tentu kebenarannya agar  tidak menambah panik masyarakat. Penggunaan media sosial dengan bijak sangat dibutuhkan dalam upaya penanganan penyebaran wabah virus Corona ini.

Target yang ingin dicapai dalam pembelajaran ini adalah:

  1. Siswa mampu menjelaskan cara bertindak dalam bersosialisasi yang bijak di masyarakat
  2. Siswa mampu menjelaskan informasi secara bijak tentang virus Corona
Materi yang akan dibahas antara lain:
  1. Cara memberi salam saat tatap muka
  2. Bijak menggunakan media sosial (mengakses maupun menyebarkan informasi)








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERSOSIALISASI DI MASYARAKAT (SOCIAL DISTANCING)"

Post a Comment

Senja hari

Hdjshdhdhrjdhbbdd

Pendidikan Karakter

Recent Posts