KI KD Matematika Berdasarkan Permendikbud 37 Tahun 2018
KI KD Matematika Berdasarkan Permendikbud 37 Tahun 2018
Pelaksanaan pembelajaran tahun pelajaran 2019/2020 ditandai dengan diberlakukannya Permendikbud No. 37 Tahun 2018 sebagai pengganti Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran.
Khusus untuk matematika SMP/MTs berikut KI KD yang harus disampaikan kepada peserta didik.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA SMP/MTs
KELAS: VII
Tujuan kurikulum mencakup empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta
kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam mengembangkan karakter peserta
didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 Menjelaskan
dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan
negatif) dan pecahan (biasa,
campuran, desimal, persen)
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat
dan pecahan (biasa,
campuran, desimal, persen)
|
3.2 Menjelaskan
dan melakukan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat
operasi
|
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan
|
3.3 Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk
bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
|
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam
bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan
negatif
|
3.4 Menjelaskan
himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen
himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan
masalah kontekstual
|
4.4 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan
dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong,
komplemen himpunan dan operasi
biner pada himpunan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.5 Menjelaskan
bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
|
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
|
3.6 Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
dan penyelesaiannya
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
3.7 Menjelaskan rasio dua besaran
(satuannya sama dan berbeda)
|
4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran
(satuannya sama dan berbeda)
|
3.8 Membedakan
perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel
data, grafik, dan
persamaan
|
4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan
senilai dan berbalik nilai
|
3.9 Mengenal
dan menganalisis berbagai situasi
terkait aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan,
kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto,
neto,
tara)
|
4.9 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan aritmetika sosial
(penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal,
persentase, bruto, neto, tara)
|
3.10 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh
garis
transversal
|
3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk
berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan
segitiga
|
4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan
dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan layang-
layang) dan segitiga
|
3.12 Menganalisis hubungan antara data dengan cara
penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan
diagram lingkaran)
|
4.12 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel,
diagram garis, diagram batang, dan diagram
lingkaran
|
KELAS: VIII
Tujuan kurikulum mencakup empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
||
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori
|
||
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
3.1
|
Membuat
generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
4.1
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan
konfigurasi objek
|
3.2
|
Menjelaskan
kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
yang
dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.2
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat
Kartesius
|
3.3
|
Mendeskripsikan
dan manyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai
representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram,
dan persamaan)
|
4.3
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai
representasi
|
3.4
|
Menganalisis
fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
|
4.4
|
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan
garis lurus
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
3.5
|
Menjelaskan
sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan
dengan masalah
kontekstual
|
4.5
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
|
3.6
|
Menjelaskan
dan membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
4.6
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
3.7
|
Menjelaskan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta
hubungannya
|
4.7
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan
luas juring lingkaran, serta
hubungannya
|
3.8
|
Menjelaskan
garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara
melukisnya
|
4.8
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis singgung persekutuan luar dan persekutuan
dalam dua lingkaran
|
3.9
|
Membedakan
dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus,
balok, prisma, dan limas)
|
4.9
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prima dan
limas), serta gabungannya
|
3.10 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata,
median, modus, dan sebaran data
untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan,
membuat
keputusan, dan membuat prediksi
|
||
3.11 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu
kejadian dari suatu percobaan
|
4.11 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang empirik
dan teoretik suatu kejadian dari
suatu percobaan
|
KELAS: IX
Tujuan kurikulum mencakup empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta
kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam mengembangkan karakter peserta
didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai
berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
||
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori
|
||
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
3.1
|
Menjelaskan
dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar,
serta sifat-sifatnya
|
4.1
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat
dan
bentuk akar
|
3.2
|
Menjelaskan
persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara
penyelesaiannya
|
4.2
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
3.3
|
Menjelaskan
fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan,
dan grafik
|
4.3
|
Menyajikan
fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan,
dan grafik
|
3.4
|
Menjelaskan
hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
|
4.4
|
Menyajikan
dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi
kuadrat
|
3.5
|
Menjelaskan
transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang
dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.5
|
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi,
translasi, rotasi, dan dilatasi)
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
3.6
|
Menjelaskan
dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
|
4.6
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun
datar
|
3.7
|
Membuat
generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung
(tabung, kerucut, dan bola)
|
4.7
|
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa
bangun ruang
sisi lengkung
|
Untuk yang membutuhkan Permendikbud No. 37 Tahun 2018 bisa di unduh di sini
0 Response to "KI KD Matematika Berdasarkan Permendikbud 37 Tahun 2018"
Post a Comment