VIRTUAL COORDINATOR INDONESIA (VCI)


VIRTUAL COORDINATOR INDONESIA (VCI)
BATCH 6 WILAYAH JAWA BARAT





Virus Corona atau Covid-19 yang saat ini sedang mewabah dan sudah menjadi pandemi global, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan Social Distancing. Hal ini juga berdampak terhadap dunia pendidikan, pengalihan Proses Belajar Mengajar (PMB) dari sekolah ke rumah atau pembelajaran daring, menuntut pelaku pendidikan terutama guru untuk dapat menguasai teknologi yang dapat menunjang kegiatan PBM daring tersebut.

Pendidikan di era revolusi industri 4.0 menuntut guru, kepala sekolah, pengawas, dosen dan semua praktisi pendidikan untuk menguasai teknologi. Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mutlak diperlukan dalam upaya memenuhi tantangan pembelajaran abad 21 dimana revolusi industri 4.0 terjadi.

Dalam rangka memenuhi tuntutan tersebut, virtual coordinator Indonesia (VCI) Batch 6 Wilayah Jawa Barat, mengajak bapak ibu guru hebat seluruh Indonesia untuk bergabung dalam pelatihan dalam jaringan (daring) yang dilaksanakan 100% gratis.

Dalam pelatihan ini para peserta diharapkan menguasai beberapa materi antara lain:
1.       Teknik rekrutmen peserta secara online  (Flyer & Form Digital).
Peserta di latih untuk menguasai beberapa aplikasi pembuat flyer atau brosur baik di komputer atau HP yang berbasis android secara on line ataupun off line, dan menggunakan form digital berbasis  internet.
2.       Menulis narasi promosi kegiatan yang menarik.
Peserta dilatih untuk bisa membuat narasi dalam upaya mempromosikan kegiatan dengan harapan bisa menarik sebanyak-banyak peserta yang bisa mengikuti kegiatan yang akan kita laksanakan.
3.       Membuat dan memahami room video conference (vicon) dan mengelola webex.
Peserta dilatih untuk room video conference secara garatis yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan, salah satu media atau aplikasi untuk vicon yang bisa digunakan adalah webex, sehingga diharapkan peserta bisa membuat room vicon di webex dan menguasai fitur-fitur yang tersedia di webex.
4.       Teknik menjadi narasumber, host dan moderator
Peserta dilatih agar terbiasa melaksanakan vicon dengan posisi sebagai narasumber, host maupun moderator.
5.      Presentasi kegiatan online
Peserta dilatih agar terbiasa melaksanakan kegiatan online melalui vicon yang sebelumnya sudah dipersiapkan dan dipromosikan secara online melalui flyer yang disebarkan melalui medsos dan dilakukan secara bersama-sama minimal dengan tiga orang dan tiap orang posisinya sebagai narasumber, moderator dan host.
6.       Mendokumentasikan kegiatan dan berbagi di sosial media (sosmed)
Peserta dilatih untuk mendokumentasikan kegiatan dengan cara merekam melalui fasilitas yang ada di webex atau menggunakan aplikasi internal untuk merekam layar komputer ataupun HP, setelah kegiatan itu di dokumentasikan kemudian di sebar melalui berbagai media social agar orang yang tidak mengikuti kegiatan secara online bisa melihat atau mengikuti kegiatan yang kita laksanakan.

Untuk bisa mengikuti pelatihan ini, calon peserta harus melakukan beberapa langkah persiapan antara lain:
1.      Mendaftar melalui link form digital yang disebar melalui promosi di medsos.
2.     Setelah mendaftar, selanjutnya peserta akan dimasukan kedalam grup diskusi melalui akun WA    yang sebelumnya sudah didaftarkan oleh peserta sebagai konfirmasi keikutsertaan sebagai    peserta pelatihan daring.
3.   Selanjutnya peserta akan menjalani proses training melalui Webex sebagai pengenalan awal dalam  mengikuti pelatihan, dan diharapkan peserta sudah memiliki aplikasi webex baik di computer ataupun HP.
4.      Melalui grup diskusi WA, peserta dituntut untuk berdiskusi dan menggali informasi tentang pelaksanaan pelatihan ini agar bisa menyelesaikan tugas-tugas diklat sesuai dengan yang sudah direncanakan.
5. Setelah peserta siap, maka selanjutnya harus mempresentasikan kegiatan secara   online menggunakan aplikasi webex.
6.       Setelah semua tugas-tugas diklat dikerjakan, selanjutnya tugas-tugas tersebut dimasukan ke kantong tugas yang sudah disediakan oleh panitia pelatihan.
7.    Setelah tugas dimasukan ke kantong tugas, kemudian tugas tersebut dinilai oleh panitia, untuk menentukan lulus atau tidaknya peserta mengikuti VCI ini, dan selanjutnya diumumkan kelulusannya.
8.       Setelah peserta dinyatakan lulus, sebagai apresiasi peserta akan di berikan sertifikat Virtual Coordinator Indonesia, dan berpeluang menjadi instruktur pada kegiatan VCI berikutnya.

Untuk Pendaftaran kegiatan ini akan dimulai pada tanggal 22 -29 Maret 2020 dan peserta bisa mendaptar melalui Link Pendaftaran http://bit.ly/WebAppJabar

Untuk informasi pendaptaran, calon peserta bisa menghubungi nara hubung:
1.        Dini : 0877-2282-7625
2.        Reny : 0852-2388-3993
3.        Enung: 0813-2055-5154
4.        Farida: 0819-1063-9303
5.        Tin : 0856-2212-087

Yang dapat mengikuti kegiatan ini diharapkan para peserta yang mendafatar yaitu dari Guru semua jenjang, Kepala Sekolah/Madrasah, Pengawas, Dosen, Praktisi Pendidikan.

Ayo bapak ibu guru hebat segera daftarkan diri anda sekarang juga, mari kita berupaya untuk menjadi guru pemelajar, demi meningkatnya kualitas pendidikan Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab guru yang merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "VIRTUAL COORDINATOR INDONESIA (VCI)"

Post a Comment

Senja hari

Hdjshdhdhrjdhbbdd

Pendidikan Karakter

Recent Posts