VIRTUAL COORDINATOR INDONESIA (VCI)
VIRTUAL COORDINATOR INDONESIA (VCI)
BATCH 6 WILAYAH JAWA BARAT
Virus Corona atau Covid-19 yang saat ini sedang
mewabah dan sudah menjadi pandemi global, membuat pemerintah mengeluarkan
kebijakan Social Distancing. Hal ini
juga berdampak terhadap dunia pendidikan, pengalihan Proses Belajar Mengajar
(PMB) dari sekolah ke rumah atau pembelajaran daring, menuntut pelaku
pendidikan terutama guru untuk dapat menguasai teknologi yang dapat menunjang
kegiatan PBM daring tersebut.
Pendidikan
di era revolusi industri 4.0 menuntut guru, kepala sekolah, pengawas, dosen dan
semua praktisi pendidikan untuk menguasai teknologi. Penguasaan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) mutlak diperlukan dalam upaya memenuhi tantangan
pembelajaran abad 21 dimana revolusi industri 4.0 terjadi.
Dalam
rangka memenuhi tuntutan tersebut, virtual coordinator Indonesia (VCI) Batch 6
Wilayah Jawa Barat, mengajak bapak ibu
guru hebat seluruh Indonesia untuk bergabung dalam pelatihan dalam jaringan (daring)
yang dilaksanakan 100% gratis.
Dalam pelatihan ini para
peserta diharapkan menguasai beberapa materi antara lain:
1. Teknik
rekrutmen peserta secara online (Flyer
& Form Digital).
Peserta di latih untuk menguasai
beberapa aplikasi pembuat flyer atau brosur baik di komputer atau HP yang
berbasis android secara on line ataupun
off line, dan menggunakan form
digital berbasis internet.
2. Menulis
narasi promosi kegiatan yang menarik.
Peserta dilatih untuk bisa membuat
narasi dalam upaya mempromosikan kegiatan dengan harapan bisa menarik
sebanyak-banyak peserta yang bisa mengikuti kegiatan yang akan kita laksanakan.
3. Membuat
dan memahami room video conference
(vicon) dan mengelola webex.
Peserta dilatih untuk room video
conference secara garatis yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan,
salah satu media atau aplikasi untuk vicon yang bisa digunakan adalah webex,
sehingga diharapkan peserta bisa membuat room vicon di webex dan menguasai
fitur-fitur yang tersedia di webex.
4. Teknik
menjadi narasumber, host dan moderator
Peserta dilatih agar terbiasa melaksanakan
vicon dengan posisi sebagai narasumber, host maupun moderator.
5. Presentasi
kegiatan online
Peserta dilatih agar terbiasa
melaksanakan kegiatan online melalui
vicon yang sebelumnya sudah dipersiapkan dan dipromosikan secara online melalui flyer yang disebarkan melalui medsos dan dilakukan secara
bersama-sama minimal dengan tiga orang dan tiap orang posisinya sebagai
narasumber, moderator dan host.
6. Mendokumentasikan
kegiatan dan berbagi di sosial media (sosmed)
Peserta dilatih untuk mendokumentasikan
kegiatan dengan cara merekam melalui fasilitas yang ada di webex atau menggunakan
aplikasi internal untuk merekam layar komputer ataupun HP, setelah kegiatan itu
di dokumentasikan kemudian di sebar melalui berbagai media social agar orang
yang tidak mengikuti kegiatan secara online
bisa melihat atau mengikuti kegiatan yang kita laksanakan.
Untuk
bisa mengikuti pelatihan ini, calon peserta harus melakukan beberapa langkah
persiapan antara lain:
1. Mendaftar melalui link form digital yang disebar melalui promosi di medsos.
2. Setelah mendaftar, selanjutnya peserta akan
dimasukan kedalam grup diskusi melalui akun WA yang sebelumnya sudah didaftarkan
oleh peserta sebagai konfirmasi keikutsertaan sebagai peserta pelatihan daring.
3. Selanjutnya peserta akan menjalani proses training melalui
Webex sebagai pengenalan awal dalam mengikuti pelatihan, dan diharapkan peserta
sudah memiliki aplikasi webex baik di computer ataupun HP.
4. Melalui grup diskusi WA, peserta dituntut untuk
berdiskusi dan menggali informasi tentang pelaksanaan pelatihan ini agar bisa
menyelesaikan tugas-tugas diklat sesuai dengan yang sudah direncanakan.
5. Setelah peserta siap, maka selanjutnya harus
mempresentasikan kegiatan secara online menggunakan aplikasi webex.
6. Setelah semua tugas-tugas diklat dikerjakan,
selanjutnya tugas-tugas tersebut dimasukan ke kantong tugas yang sudah
disediakan oleh panitia pelatihan.
7. Setelah tugas dimasukan ke kantong tugas, kemudian
tugas tersebut dinilai oleh panitia, untuk menentukan lulus atau tidaknya
peserta mengikuti VCI ini, dan selanjutnya diumumkan kelulusannya.
8. Setelah peserta dinyatakan lulus, sebagai apresiasi
peserta akan di berikan sertifikat Virtual Coordinator Indonesia, dan
berpeluang menjadi instruktur pada kegiatan VCI berikutnya.
Untuk
Pendaftaran kegiatan ini akan dimulai pada tanggal 22 -29 Maret 2020 dan
peserta bisa mendaptar melalui Link Pendaftaran http://bit.ly/WebAppJabar
Untuk informasi pendaptaran, calon peserta bisa
menghubungi nara hubung:
1.
Dini
: 0877-2282-7625
2.
Reny
: 0852-2388-3993
3.
Enung:
0813-2055-5154
4.
Farida:
0819-1063-9303
5.
Tin
: 0856-2212-087
Yang dapat mengikuti kegiatan ini diharapkan para
peserta yang mendafatar yaitu dari Guru semua jenjang, Kepala Sekolah/Madrasah,
Pengawas, Dosen, Praktisi Pendidikan.
Ayo bapak
ibu guru hebat segera daftarkan diri anda sekarang juga, mari kita berupaya untuk
menjadi guru pemelajar, demi meningkatnya kualitas pendidikan Indonesia sebagai
bentuk tanggung jawab guru yang merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan.
0 Response to "VIRTUAL COORDINATOR INDONESIA (VCI)"
Post a Comment