PROGRAM TAHUNAN MATEMATIKA KELAS IX
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan Pendidikan : MTs
Cijangkar
Kelas / Semester : IX
/ Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran : 2020/ 2021
Komptensi Inti :
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan
rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
|
20 JP
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi
bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
|
||
1
|
3.2 Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan
akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
|
20 JP
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
||
1
|
3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan,
dan grafik
|
20 JP
|
4.3 Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
|
||
3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi
kuadrat dengan grafiknya
|
||
4.4 Menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan
menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat
|
||
1
|
3.5 Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi,
dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
20 JP
|
4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
|
||
2
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar
bangun datar
|
20 JP
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan
kekongruenan antar bangun datar
|
||
2
|
3.7 Membuat generalisasi luas permukaan dan volume berbagai bangun
ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)
|
40 JP
|
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas
permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola),
serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung
|
Mengetahui, Tasikmalaya, Juli 2020
Kepala
MTs Cijangkar Guru Mata Pelajaran
Euis Yayah Mardiah, M.Pd. Agus Nana Nuryana,
M.M.Pd.
NIP. 19760520 200012 2 002 NIP.
19800814 200501 1 005
Link Program Tahunan Matematika Kelas IX Tahun Pelajaran 2020/2021 bisa diunduh di SINI
0 Response to "PROGRAM TAHUNAN MATEMATIKA KELAS IX"
Post a Comment