CONTOH RPP MATEMATIKA KELAS IX
CONTOH RPP MATEMATIKA KELAS IX
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
:
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: IX/Genap
Materi Pokok : TransformasiGeometri
Alokasi
Waktu : 5
Jam Pelajaran @40 Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelahmengikuti proses pembelajaran, pesertadidikdapat:
·
MenjelaskantransformasiTranslasi
·
MenjelaskantransformasiRefleksi
·
MenjelaskantransformasiRotasi (Perputaran)
·
MenjelaskantransformasiDilatasi
·
Mengidentifikasimasalah di sekitar yang
melibatkantransformasi (refleksi,
translasi, rotasi, dandilatasi)
·
Melakukanpercobaanuntukmenentukanhubunganantarasuatutitikdengantitikhasiltransformasi
(refleksi, translasi, rotasi, dandilatasi)
·
Menyajikanhasilpembelajarantentangtransformasi
(refleksi, translasi, rotasi,
dandilatasi)
·
Menyelesaikanmasalah yang berkaitandengantransformasi
B.
Media
Pembelajaran, Alat/Bahan & Sumber Belajar
v Media :
Worksheet
atau lembar kerja (siswa), Lembar
penilaian
v Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop
& infocus
v Sumber Belajar : Buku Penunjang Kurikulum 2013 Matematika, Kelas
IX, Kemendikbud, Revisi Tahun 2016
C.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (30 Menit)
|
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan
untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
|
|
Menyampaikan motivasi
tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari
materi :
Translasi.
|
|
Menjelaskan hal-hal
yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang
akan ditempuh,
|
|
Kegiatan Inti ( 140 Menit )
|
|
Kegiatan
Literasi
|
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Translasi.
|
Critical
Thinking
|
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Translasi.
|
Collaboration
|
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Translasi.
|
Communication
|
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu
secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
|
Creativity
|
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang
telah dipelajari terkait Translasi. Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
|
Kegiatan Penutup (30 Menit)
|
|
Peserta didik membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
|
|
Guru membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
|
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Pengetahuan; Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda, Penugasan
2.
Keterampilan;
Penilaian Unjuk Kerja, Penilaian Proyek, Penilaian
Produk, Penilaian Portofolio
……………,
……………..
Mengetahui
Kepala Sekolah …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Berikut ini beberapa contoh RPP Matematika kelas IX yang sudah disederhanakan.
RPP Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar bisa di unduh di SINI
RPP Persamaan dan Fungsi Kuadrat bisa diunduh di SINI
RPP Transformasi bisa diunduh di SINI
RPP Kekongruenan dan Kesebangunan bisa diunduh di SINI
RPP Bangun Ruang Sisi Lengkung bisa diunduh di SINI
RPP Bangun Ruang Sisi Lengkung bisa diunduh di SINI
0 Response to "CONTOH RPP MATEMATIKA KELAS IX"
Post a Comment