MENJADI GURU "GO BLOG" ADALAH KENISCAYAAN!


Menjadi guru yang kreatif pada zaman now adalah sebuah keharusan yang perlu dilakukan. Guru sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan semestinya bersikap dinamis terhadap perkembangan zaman yang setiap saat terus berubah. Perkembangan zaman yang semakin cepat menuntut setiap orang yang berprofesi sebagai guru bisa mengimbangi kondisi yang terus berubah dengan mensikapinya secara positif.

Zaman now adalah masa dimana setiap sendi-sendi kehidupan sudah tidak bisa lagi di pisahkan dengan yang namanya Informasi Teknologi dan Komunikasi atau IT atau lebih sering kita dengar dengan istilah ICT (Information Communication and Information). Perkembangan teknologi yang begitu cepat tidak bisa dibendung begitu saja karena sudah merambah kedalam berbagai hal yang setiap hari dilakukan oleh manusia.

Perkembangan teknologi tidak bisa dibantah oleh siapa pun karena bergerak begitu cepat dan global. Ketika ada orang yang berusaha untuk membantah maka dia akan banyak sekali mengalami kerugian karena akan ketinggalan informasi yang saat ini sangat dibutuhkan dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari. Sebaliknya jika ada orang yang berusaha untuk aktif mengikuti perkembangan teknologi maka ia akan banyak sekali mendapatkan keuntungan dari informasi yang dia dapatkan.

Di zaman informasi yang begitu cepat saat ini, persaingan disegala bidang antar individu dan kelompok terjadi semakin sangat ketat. Individu atau kelompok yang memiliki informasi maka dia akan mendapatkan keuntungan dan bisa mengendalikan individu atau kelompok yang tidak memiliki informasi. Informasi yang didapatkan melalui perkembangan teknologi ini menuntut setiap orang untuk bisa  menguasai dan mengikuti perkembangan teknologi.

Guru sebagai individu dituntut untuk menguasai teknologi supaya tidak ketinggalan informasi. Sebagai seorang professional guru semestinya bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, sehingga dalam melaksanakan tugasnya tidak monoton yang akhirnya akan tergerus oleh kekuatan zaman yang menuntut guru untuk lebih kreatif dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Tuntutan yang sangat banyak terhadap profesi guru terutama setelah pemerintah menetapkan bahwa guru adalah profesi yang professional dan mendapatkan tunjangan yang lebih, maka seorang guru harus bisa memenuhi tuntutan-tuntutan itu dengan meningkatkan kompetensi dirinya. Zaman sekarang tidak ada lagi istilah guru GAPTEK (Gagap Teknologi), bahkan pemerintah pernah mengancam akan memecat guru yang GAPTEK atau Tidak Bisa Computer (TBC).

Pemerintah menuntut guru untuk bisa menguasai teknologi sebagai media penyampai informasi yang cepat, murah dan praktis dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Guru diwajibkan memiliki account e-mail sebagai media penyampaian informasi oleh pemerintah dalam menyampaikan kebijakan tentang pendidikan. Selain itu account e-mail guru bisa dimanfaatkan oleh guru untuk bisa menguasai teknologi yang lain yang berkembang di internet.

Salah satu aplikasi di internet yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk mengembangkan kompetensi dirinya adalah weblog atau popular dengan istilah blog. Pengguna internet saat ini mungkin sebagian besar mengenal istilah blog, istilah weblog atau blog sebenarnya mulai dikenal sejak tahun 1997, namun mulai sangat populer pada tahun 2000.

Guru yang sudah go blog atau terbiasa memanfaatkan blog pasti akan banyak sekali mendapatkan keuntungan, selain membuat accountnya gratis, blog juga bisa dimanfaatkan untuk menampilkan hasil kreatifitas guru seperti publikasi karya ilmiah, karya inovatif guru, atau sharing dengan guru lain untuk meningkatkan kualitas diri agar bisa melaksanakan tugas sehari-hari lebih baik. Selain itu blog juga bermanfaat bagi guru sebagai media aktualisasi diri sebagai individu dan juga warga masyarakat yang harus memberikan kontribusi tidak hanya kepada peserta didik, tetapi juga bagi orang banyak.

Dalam sebuah blog guru dapat menuangkan pikiran dan ide-ide cemerlangnya dengan bebas, sehingga hasil pemikirannya itu bisa dibaca dan dimanfaatkan oleh orang lain baik oleh sesama guru atau masyarakat umum. Kemudian orang yang membaca idenya itu mungkin akan memberikan komentar baik berupa saran, kritik atau apapun sehingga hasil pemikirannya semakin berkembang dan menarik semangat guru untuk lebih banyak berkarya, sehingga semakin banyak karya yang dihasilkan oleh seorang guru semakin terasah pula kompetensi guru tersebut. Dengan meningkatnya kompetensi para guru, maka profesionalitas mereka akan semakin baik dan diakui oleh banyak kalangan dan ini akan mengangkat citra guru tersebut semakin baik di hadapan masyarakat luas.

Selain itu blog juga bisa jadi menghantarkan guru untuk mendapatkan penghasilan lebih dari segi materi. Sebab semakin banyak orang yang tertarik untuk membuka halaman weblognya, maka tidak menutup kemungkinan ada juga orang yang mau memakai jasa guru tersebut, apakah diundang menjadi pembicara professional, bahkan mungkin ada orang atau perusahaan yang mau memasang iklan di blognya yang pasti akan memberikan profit kepada pengelola blog tersebut.

Sudah saatnya para guru zaman now untuk melek teknologi, beratnya tuntutan zaman saat ini mengaharuskan guru untuk lebih kreatif memanfaatkan segala media yang ada untuk menunjang tugasnya sehari-hari, sebab kalau guru tidak mau mengikuti perkembangan zaman saat ini, apa lagi tidak mau mengikuti kemajuan IT/ICT, maka guru tersebut akan ketinggalan informasi yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri bagi seorang guru yang dituntut untuk professional dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Mudah-mudahan saat ini tidak ada lagi guru yang GAPTEK dan memiliki penyakit TBC dengan memulai untuk menjadi guru yang go blog. Amin

Penulis : Agus Nana Nuryana, M.M.Pd.
Stap Pengajar Mata Pelajaran Matematika pada MTs Cijangkar dan SMK Cijangkar Ciawi Tasikmalaya






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENJADI GURU "GO BLOG" ADALAH KENISCAYAAN!"

Post a Comment

Senja hari

Hdjshdhdhrjdhbbdd

Pendidikan Karakter

Recent Posts