RUMAH BELAJAR SOLUSI PEMBELAJARAN DARING


Rumah Belajar Solusi Pembelajaran Daring
Oleh: Agus Nana Nuryana,M.M.Pd.*

Rumah Belajar Solusi Pembelajaran Daring

Mewabahnya virus corona atau covid-19 memaksa pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan Social Distancing, interaksi masyarakat dibatasi demi mencegahnya penyebaran virus corona secara masif. Kebijakan ini tak urung berimbas terhadap berbagai sendi kehidupan termasuk dunia pendidikan.

Sekolah/madrasah diliburkan, dalam arti Proses Belajar Mengajar (PBM) dipindahkan dari sekolah ke rumah, perubahan cara pembelajaran ini memerlukan strategi dan media yang dapat mendukung berjalannya proses pembelajaran jarak jauh atau daring antara guru dan siswa.
Bukan tanpa masalah pemberlakukan kebijakan ini, keputusan yang dikeluarkan secara mendadak membuat pihak sekolah, para guru, siswa dan orang tua kebingungan. Kegiatan yang tanpa dipersipakan sebelumnya harus dilaksanakan seiring kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah tersebut.

Penggunaan media daring yang belum terbiasa dikalangan para guru, dan siswa menjadi penyebab paling besar sulitnya PBM daring ini dilaksanakan. Penguasaan teknologi yang masih minim ditambah dengan tidak tersedianya perangkat pendukung menambah berat pelaksanaan kegiatan ini. Tidak semua guru dan siswa menguasai teknologi dan tidak semua guru juga siswa memiliki perangkat pendukung seperti komputer, laptop, HP, dan jaringan internet.
Di zaman modern seperti saat ini, sebagian besar masyarakat memang sudah terbiasa menggunakan perangkat teknologi terutama Hand Phone (HP). Ketersediaan HP ini sedikit membantu pelaksanaan PBM daring yang dilaksanakan, walau terkadang juga terkendala dengan ketersediaan jaringan internet.

Penggunaan media sosial seperti Whatsapp (WA), Facebook (FB), Instagram (IG), twitter dan media sosial lainnya yang marak dikalangan masyarakat menjadi satu pilihan efektif untuk melaksanakan pembelajaran daring dan menjalin komunikasi antara guru dan siswa walaupun masih banyak kekurangannya.

Lihat juga: Pola Hidup Sehat

Dalam menyampaikan konten pembelajaran guru juga harus menyiapkan materi yang akan disampaikan kepada siswa, namun ini pun terkendala karena guru tidak ada waktu untuk menyiapkan secara mandiri karena hal ini memerlukan keterampilan dan waktu yang cukup lama. Namun guru tidak perlu khawatir, karena banyak sekali portal di internet yang menyediakan berbagai konten materi pembelajaran yang sudah disipakan sesuai kurikulum tiap tingkat satuan pendidikan.

Portal penyedia konten tersebut ada buatan pemerintah yang dapat diakses dengan bebas tanpa harus membayar karena memang ini disediakan khusus untuk para siswa di Indonnesia dengan menggunakan anggaran dari negara. Namun ada juga portal penyedia konten yang dibuat oleh pihak swasta baik korporasi maupun perorangan yang tentunya mereka berharap mendapat keuntungan.

Lihat juga: Social Distancing

Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas, dengan moto kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Ada banyak fitur menarik yang bisa kita gunakan antara lain:
  1. Fitur sumber belajar yang menyediakan materi belajar interakif dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat, yang dilengkapi dengan latihan dan tes.
  2. Fitur lab maya yang menyediakan fasilitas untuk bereksperimen dalam pelajaran biologi, kimia, fisika, atau matematika tanpa harus ke laboratorium.
  3. Fitur bank soal yang menyediakan soal-soal latihan, ulangan, dan ujian. Selain itu bapak dan ibu guru juga bisa membuat soal di fitur tersebut.
  4. Fitur kelas maya merupakan fitur untuk melaksanakan PBM jarak jauh.
  5. Fitur buku sekolah elektronik, berisi buku-buku pelajaran digital yang dapat diunduh oleh siswa dan guru.
  6. Fitur peta budaya, berisi informasi tentang seni, budaya, dan adat istiadat di setiap provinsi.
  7. Fitur Wahana Jelajah Angkasa, merupakan sarana belajar tentang ruang angkasa.
  8. Fitur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), merupakan sarana pelatihan daring untuk pendidik dan tenaga kependidikan.

 Selain delapan fitur utama, rumah belajar juga menyediakan tiga fitur tambahan yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Karya Guru dan Karya Komunitas merupakan wadah bagi guru dan komunitas Rumah Belajar untuk berbagi konten pembelajara

Rumah Belajar dapat diakses melalui alamat https://belajar.kemdikbud.go.id/
















*Guru Matematika di MTs Cijangkar Ciawi Tasikmalaya

*Penulis juga aktif sebagai pegiat Literasi Madrasah dan saat ini mengelola sebuah komunitas yang bernama KALIMAH (Komunitas Aktivis Literasi Madrasah). Website KALIMAH bisa dikunjungi melalui http://www.gokalimah.com

*Selain itu penulis juga tercatat sebagai anggota PERGUMAPI (Perkumpulan Guru Madrasah Penulis). Website PERGUMAPI bisa dikunjungi melalui http://www.pergumapi.or.id

*Penulis juga aktif di komunitas Gumeulis (Guru Menulis) Tasikmalaya





















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RUMAH BELAJAR SOLUSI PEMBELAJARAN DARING"

Post a Comment

Senja hari

Hdjshdhdhrjdhbbdd

Pendidikan Karakter

Recent Posts