PENDIDIKAN HARUS BERPIHAK KEPADA SETIAP WARGA NEGARA


Pendidikan Harus Berpihak kepada Setiap Warga Negara

Oleh: Agus Nana Nuryana, M.M.Pd.

‘Ayah Curi Hape Demi Anak’ begitulah judul berita yang dimuat di surat kabar harian Kabar Priangan edisi Rabu, 5 Agustus 2020. Kejadian ini terjadi di kota Garut Jawa Barat dikarenakan seorang ayah yang tidak mampu membelikan hape untuk anaknya yang sedang melaksanakan pembelajaran secara daring. Ayah dari keluarga tidak mampu ini terpaksa melakukan hal tercela karena sangat sayang terhadap anaknya. Belakangan berita ini juga tersebar melalui media televisi, beruntung kasus ini tidak sampai ke tangan polisi, karena yang memiliki hape tidak melaporkannya dengan alasan kasihan terhadap keluarga tersebut.

Inilah salah satu potret pendidikan yang terjadi di negara kita, disaat pandemi covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan kepada sekolah/madrasah untuk tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka, maka solusi pelaksanaan pembelajaran adalah dengan kegiatan pembelajaran daring. Bukan tanpa alasan pemerintah masih menutup sekolah/madrasah setelah hampir empat bulan tidak digunakan untuk pembelajaran langsung, sebab wabah yang di sebabkan oleh covid-19 masih terus terjadi dan orang yang terpapar masih terus bertambah.

Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring juga bukan hal yang mudah disaat bencana ini melanda, permasalahan yang membelit masyarakat begitu komplek sehingga berimbas pada kesulitan yang mereka rasakan. Sebagian masyarakat berkilah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saja mereka sudah kepayahan, apalagi ditambah dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelajaran daring yang memerlukan perangkat dan biaya rutin yang tidak sedikit.

Tidak semua siswa memiliki peralatan yang disyaratkan untuk mengikuti pembelajaran daring, sehingga pelaksanaan pembelajaran tidak merata di rasakan oleh seluruh siswa. Kesenjangan terjadi antara siswa yang mampu dengan yang kekurangan, sehingga hal ini menimbulkan masalah baru dalam tatanan kehidupan masyarakat seperti kejadian yang di beritakan di atas.

Kendala ini sebetulnya bisa di atasi walaupun harus dengan susah payah dan selalu memperhatikan protokol kesehatan, karena setiap daerah tidak memiliki dampak yang sama akibat pandemi ini. Di daerah zona hijau misalnya, guru melakukan kunjungan ke rumah siswa atau siswa datang ke sekolah menemui guru dengan syarat tidak ada kerumunan. Solusi ini sebenarnya bukan yang terbaik sebab masih rentan dengan bahaya terpapar dan menyalahi aturan pemerintah.

Sebagian besar masyarakat, terutama di daerah-daerah yang termasuk zona hijau atau kuning menuntut agar pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan. Mereka khawatir anak-anaknya terlena dengan situasi ini, karena sulit sekali mengatur/membimbing anak belajar di rumah, selain itu mereka merasa keberatan karena harus menyediakan biaya tambahan untuk pembelajaran daring.

Pembelajaran daring saat ini merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan ditengah situasi darurat walaupun efektifitasnya masih jauh dari yang diharapkan, kegiatan ini dilakukan dari pada siswa sama sekali tidak melakukan aktifitas belajar. Guru dengan segala keterbatasan masih bisa mengarahkan siswa untuk belajar walau tidak diikuti semuanya karena keadaan siswa dalam mengakses informasi yang tidak sama.

Kendala-kendala tersebut semestinya bisa diatasi oleh pemerintah sebagai pemangku yang mengeluarkan kebijakan. Pendidikan adalah aset penting negara yang harus terus dijamin keberlangsungannya, oleh karena itu masyarakat berhak memperoleh layanan pendidikan secara utuh dan merata, sebab kualitas sebuah negara sangat ditentukan oleh kualitas warganya dalam bidang pendidikan dan semestinya ini adalah tanggung jawab dan kewajiban pemerintah untuk menjaminnya.

Kebijakan yang berkeadilan dari pemerintah sangatlah diperlukan saat ini, program yang sangat urgen harus menjadi prioritas dalam penangannya, dana-dana yang sudah dialokasikan untuk kegiatan penunjang bisa saja dialihkan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya sangat mendesak termasuk penyediaan fasilitas penunjang untuk pelaksanaaan kegiatan pembelajaran daring yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebagai penguasa pemerintah juga semestinya bisa menggerakan organisasi atau perorangan yang memiliki kekuatan finansial lebih untuk dapat membantu sebagian masyarakat yang mengalami kesulitan. Saling menolong, saling membantu sangat dibutuhkan pada situasi seperti  ini, meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama merupakan hal yang penting untuk menjaga agar negara ini tetap berada dalam keadaan yang kondusif.

Tidak ada seorang pun yang menginginkan bencana ini terjadi, oleh karena itu diperlukan kesadaran bersama untuk mensikapi situasi ini dengan penuh kebijaksanaan. Jangan sampai ada sebagian orang yang mengumpulkan keuntungan sebesar-besarnya dari situasi ini ditengah sebagian masyarakat yang sedang terhimpit dan bahkan hampir mati. Ibarat kata pepatah ‘menari-nari diatas penderitaan orang lain’.

Orang-orang yang berada di pemerintahan sebagai pemangku kebijakan harus memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana menerapkan kebijakan itu sesuai dengan harapan masyarakat dan harus berkeadilan sosial, sebab setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan dari pemerintahnya.

Kejadian yang dilakukan seorang ayah di Garut Jawa Barat tadi semestinya menjadi tamparan keras bagi kita semua, bagaimana seorang warga negara yang berjuang untuk mendapatkan haknya, dengan segala keterbatasan akhirnya dia melakukan perbuatan yang melawan hukum, padahal semestinya kebutuhan tersebut bisa ditangani oleh pemerintah yang berkewajiban untuk menjaminnya. Kebijakan yang dikeluarkan semestinya juga dibarengi dengan upaya untuk mempermudah masyaraktnya dalam menjalankan aktifitasnya.

Dalam mengeluarkan kebijakan, keberpihakan sangat diperlukan. Namun bukan didasari oleh keinginan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya bagi seseorang atau golongan tertentu, tetapi harus sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat secara keseluruhan tanpa memandang golongan, status sosial atau yang lainnya. Rakyat adalah raja dalam sebuah negara demokrasi yang setiap saat harus mendapatkan pelayanan terbaik dari para ponggawanya.

Pelaksanaan pembelajaran secara daring menyebabkan banyak masyarakat menjadi terhina, ketidak mampuan mereka untuk mengikuti kebijakan ini menyebabkan tindakan yang nekad bahkan cenderung melawan hukum. Kejadian ini pun menyebabkan negara secara keseluruhan mendapatkan imbasnya, keterlambatan negara dalam menangani permasalahan ini akan menyebabkan derajat negara kita menjadi rendah di hadapan negara-negara lain.

Undang-undang menjamin bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, maka tak semestinya masyarakat dalam mengambil haknya melakukan hal-hal yang tidak terpuji. Setiap permasalahan yang menyangkut hajat orang banyak seharusnya menjadi prioritas pemerintah dalam menanganinya. Kesejahteraan menjadi kunci kemajuan sebuah negara dan salah satu jalannya adalah dengan tingginya kualitas pendidikan yang memiliki karakter baik.

Memang bukan hal yang mudah untuk menangani berbagai permasalahan yang super komplek dalam masyarakat, namun keberpihakan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan yang berkeadilan bagi seluruh rakyat sangat diperlukan untuk meminimalisir terjadinya masalah baru yang bergejolak. Efektifitas sangat diperlukan dalam menangani setiap permasalahan, oleh karena itu kepentingan umum harus menjadi yang utama dalam setiap kebijakan yang ditetapkan.
*Staf pengajar di MTs Cijangkar Ciawi Tasikmalaya
*Penulis juga aktif sebagai pegiat Literasi Madrasah dan saat ini mengelola sebuah komunitas yang bernama KALIMAH (Komunitas Aktivis Literasi Madrasah). Website KALIMAH bisa dikunjungi melalui https://kalimahtasikmalaya.blogspot.com/
*Selain itu penulis juga tercatat sebagai anggota PERGUMAPI (Perkumpulan Guru Madrasah Penulis). Website PERGUMAPI bisa dikunjungi melalui http://www.pergumapi.or.id

*Penulis juga aktif di komunitas Gumeulis (Guru Menulis) Tasikmalaya

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENDIDIKAN HARUS BERPIHAK KEPADA SETIAP WARGA NEGARA"

Post a Comment

Senja hari

Hdjshdhdhrjdhbbdd

Pendidikan Karakter

Recent Posts