LIBURAN BERBURU ILMU

Liburan Berburu Ilmu
Oleh: Agus Nana Nuryana, M.M.Pd.*

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam mengisi liburan, tidak mesti harus jauh dan mewah dan terkesan hura-hura, sebab banyak hal positif yang bisa dikerjakan dengan biaya murah dan bermanfaat, namun bagi yang mampu bolehlah bersenang-senang menghabiskan masa liburan yang tidak lama.

Waktu yang terasa sempit karena padatnya pekerjaan yang harus dilakukan pada waktu aktif bekerja terkadang tidak bisa memberikan kesempatan pada kita untuk beraktivitas bersama keluarga kecil atau bahkan berkunjung ke saudara jauh, sahabat atau orang yang dekat dengan kita.

Baca juga : Pejuang Kehidupan

Jalan-jalan keluar bersama keluarga kecil mengunjungi orang tua atau saudara dan sahabat bisa jadi pilihan dalam mengisi liburan. Selain tidak terlalu ribet dan mahal, kegiatan tersebut dapat mendatangkan manfaat yang luar biasa, karena selain hiburan juga mendapat pahala dari silaturahmi.
Seperti yang di lakukan dengan keluarga kecil kami dalam mengisi liburan kali ini. Setelah mengunjungi orang tua dan kerabat dekat yang agak jauh tinggalnya, suatu saat kamipun berkesempatan mengunjungi sahabat literasi yang merupakan cendikiawan sekaligus dosen yang mengajar di perguruan tinggi di Tasikmalaya.

Adalah bapak Asep M Tamam, dosen sekaligus cendikiawan muslim asal Tasikmalaya yang kami kunjungi. Selain aktif mengajar beliau juga rajin mengisi seminar dan kajian sosial keagamaan yang diselenggarakan di Tasikmalaya. Sebagai pengamat sosial dan politik juga beliau rajin mengisi ulasannya lewat media masa lokal maupun Nasional.



Selain itu beliau juga aktif menulis buku, dan kami pun berkesempatan memiliki enam buku karya beliau yang tentunya sangat bermanfaat bagi kami sekeluarga dalam mengembangkan literasi dan menambah ilmu. Pada kesempatan itupun kami sekeluarga dapat menikmati ruangan kerjanya yang dipenuhi dengan ribuan buku yang terpajang di dinding ruangannya.

Kecintaan beliau pada literasi menghantarkannya menjadi sosok yang dicintai dan dikagumi oleh para pegiat literasi, bahkan beliau juga membuat suatu grup diskusi melalui whatshapp (WA) yang bertajuk CIBUTABASI (Cinta Buku Cinta Baca dan Diskusi). Selain itu beliau juga tercatat sebagai Pembina forum literasi guru yaitu Gumeulis (Guru Menulis) yang menghimpun para guru pegiat literasi di kawasan Priangan Timur.

Bergaul dengan orang berilmu tentunya akan memberikan manfaat yang luar biasa. Kecintaan terhadap ilmu pengetahuan akan tumbuh kalua kita sering bergaul dengan orang-orang berilmu, ibarat pepatah kalua kita bergaula dengan tukang minyak wangi maka kita akan kebawa bau wanginya. Oleh karena itu mencari lingkungan yang baik dalam pergaulan akan mempengaruhi kita dalam beraktifitas sehari-hari. 

Baca juga: Stop Mengeluh

Kesenangan bisa muncul dari mana saja tergantung sudut pandang penilaian yang dilakukan oleh setiap orang, jadi kalau kita menikmati kebersamaan dengan orang dan lingkungan yang berlimpah ilmu, maka hal itupun akan menjadi sebuah hiburan yang memuaskan.



*Penulis juga aktif sebagai pegiat Literasi Madrasah dan saat ini mengelola sebuah komunitas yang bernama KALIMAH (Komunitas Aktivis Literasi Madrasah). Website KALIMAH bisa dikunjungi melalui http://www.gokalimah.com

Selain itu penulis juga tercatat sebagai anggota PERGUMAPI (Perkumpulan Guru Madrasah Penulis). Website PERGUMAPI bisa dikunjungi melalui http://www.pergumapi.or.id
Penulis juga aktif di komunitas Gumeulis (Guru Menulis) Tasikmalaya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LIBURAN BERBURU ILMU"

Post a Comment

Senja hari

Hdjshdhdhrjdhbbdd

Pendidikan Karakter

Recent Posts