TEMANI ANAK BERMAIN!

Temani Anak Bermain!

Oleh: Agus Nana Nuryana,M.M.Pd.*



Suatu sore sambil melepas lelah karena seharian bekerja, setelah beberapa saat istirahat dan mulai santai, anaku bilang 'yah maen bola yu! (penuh harap), lelah sih pikirku, namun aku jawab 'ya nak', spontan anaku bilang 'Horeeeee' (kegirangan).

Beberapa saat permainan pun terjadi dan anakku kelihatan gembira dan sangat menikmatinya karena bisa bermain dengan ayahnya, walaupun tempat mainnya ngambil sedikit ruangan rumah yang agak lebar untuk bermain bola. 'yah maen bolanya ga usah kenceng-kenceng ya!' (tau diri main bola di rumah).

Menemani anak-anak bermain merupakan cara yang sangat baik dalam proses pendidikan anak di keluarga, sebab masa ini merupakan periode emas dan membuat anak merasa dihargai dan diperhatikan. Mereka akan merasa bangga dengan dirinya sendiri sehingga seluruh kemampuannya akan dikeluarkan untuk melakukan hal-hal yang mereka senangi tanpa harus di suruh oleh orang lain, namun mereka perlu dibimbing agar aktifitasnya tidak menjadi over acting atau bahkan membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.


Masa kecil anak kita tidak akan terulang kembali. Orang tua yang cerdas dan bertanggungjawab akan memanfaatkan periode tersebut untuk membentuk karakter, pembentukan karakter sejak dini akan memberikan pengaruh positif bagi perkembangan psikologi anak. Kegiatan baik yang awalnya merupakan pembiasaan yang dilakukan tanpa paksaan dan penuh kesadaran, lama-kelamaan akan menjadi karakter baik yang melekat dalam diri anak dan akan terbawa sampai mereka menjalani fase kehidupan remaja, dewasa dan masa tua. Karakter baik akan mampu memfilter pengaruh negatif akibat pergaulan di lingkungan sekitarnya.

Ditengah gencarnya permainan anak yang tidak bisa lepas dari gadget, ruang gerak mereka terkekang karena terlalu asyik sendiri menikmati aktifitas semu yang mereka lakukan. Sering kali kita melarang anak-anak untuk menggunakannya walau kita sendiri terkadang tidak bisa menahan diri untuk menggunakan gadget setiap saat dengan berbagai alasan, urusan orang dewasa lah, urusan kerja lah, dan sederet alasan untuk dapat memainkan gadet tersebut.

Orangtua sangat perlu meluangkan waktu untuk menemani anak-anaknya bermain, mereka dapat mengenal kemampuan dan meningkatkanya ketika dirasa masih kurang, mereka juga dapat membangun hubungan yang baik dengan anak-anak. Tanpa disadari kemesraan kita dengan gadget sedikit demi sedikit menghilangkan kerinduan sesama anggota keluarga. Ketika orang tua pulang kerja, anak langsung menanyakan gadget milik orangtuanya, dengan harapan bisa meminjamnya, bukan menyambut kedatangan orangtuanya, bahkan anak yang sudah memiliki gadget sendiri, mereka asik memainkannya tanpa peduli pada orang tua atau saudaranya, yang akhirnya semua cuek dan asik dengan aktifitas dunia maya masing-masing dan melupakan dunia nyata yang harus mereka jalani.


Sebenarnya penggunaan gadget pada anak-anak masih bisa dikendalikan kalau orang tua mau mengalah pada anak dan sadar akan pengaruh buruk akibat penggunaanya yang tidak terkontrol. Salah satu caranya adalah dengan membangun hubungan baik dengan mereka, cobalah anak ajak bermain karena mereka akan sangat menikmatinya. Kita tidak bisa mengandalkan orang lain (teman bermain anak), sebab bisa jadi mainan mereka gadget juga, bahkan sebagian mereka sengaja diberi fasilitas tersebut oleh orang tuanya.

Kehangatan hubungan anggota keluarga yang anak-anak rasakan, akan membantu mencegah pengaruh negatif yang mereka dapatkan dari lingkungan liar ketika mereka bermain dengan sebayanya. Sayang anak???? Ajaklah mereka bermain yang dapat menggerakkan seluruh anggota tubuhnnya. Dan upayakan jangan menolak kalau anak mengajak bermain.



*Penulis juga aktif sebagai pegiat Literasi Madrasah dan saat ini mengelola sebuah komunitas yang bernama KALIMAH (Komunitas Aktivis Literasi Madrasah). Website KALIMAH bisa dikunjungi melalui http://www.gokalimah.com

Selain itu penulis juga tercatat sebagai anggota PERGUMAPI (Perkumpulan Guru Madrasah Penulis). Website PERGUMAPI bisa dikunjungi melalui http://www.pergumapi.or.id

Penulis juga aktif di komunitas Gumeulis (Guru Menulis) Tasikmalaya


  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEMANI ANAK BERMAIN!"

Post a Comment

Senja hari

Hdjshdhdhrjdhbbdd

Pendidikan Karakter

Recent Posts